Profil Dani Alves, Bek Gaek yang Pulang ke Barcelona



Barcelona kembali merekrut Dani Alves. Bek gaek asal Brasil tersebut diboyong Blaugrana dengan status bebas transfer alias gratis.


Langkah Barcelona merekrut Alves memang sudah tercium dalam beberapa terakhir. Terutama setelah Barcelona mendatangkan pelatih anyar Xavi Hernandez. Juru taktik asal Spanyol itu dikabarkan berminat untuk memboyong bek berusia 38 tahun tersebut.


Kabar itu pun akhirnya menjadi kenyataan. Alves pulang ke Barcelona dengan diikat kontrak selama enam bulan atau hingga musim 2021/2022 berakhir.


"Barcelona dan Dani Alves pada prinsipnya mencapai kesepakatan. Ia akan bergabung dengan kami hingga akhir musim ini," tulis pernyataan Barcelona.


Pihak Barcelona juga mengumumkan Alves akan bergabung dengan skuat untuk melakoni latihan pada pekan depan. Namun, sang pemain dipastikan baru bisa tampil pada Januari 2022. Tepat setelah bursa transfer musim dingin dibuka.


"Kami akan mengumumkan detail lengkapnya saat kami memperkenalkan Alves sebagai rekrutan baru kami pada musim ini," lanjut pernyataan itu.


Bagi Alves, ini menjadi periode keduanya membela Barcelona. Sebelumnya, ia pernah memperkuat Azulgrana selama delapan musim. Tepatnya pada musim 2008/2009 hingga musim 2015/2016.


Dalam periode tersebut, Alves telah membuat 391 penampilan di seluruh kompetisi. Ia juga menyumbang 21 gol untuk Barcelona.


Sejumlah prestasi pun diraih Alves bersama Barcelona. Tak tanggung-tanggung, ia sukses membantu Barcelona meraih 23 gelar. 


Ke-23 gelar itu di antaranya enam gelar La Liga Spanyol, empat gelar Copa Del Rey, empat gelar Piala Super Spanyol, tiga gelar Liga Champions, tiga gelar Piala Super Eropa, dan tiga gelar Piala Dunia Antarklub.


Kemudian, Alves memutuskan hengkang dari Barcelona pada akhir musim 2015--2016. Ia pun melanglang buana ke sejumlah klub seperti Juventus, Paris Saint-Germain, dan Sao Paulo.


Trofi Alves sepanjang karier

Alves merupakan salah satu pesepak bola tersukses di dunia. Sebanyak 43 trofi yang diraih Alves dalam sepanjang karier menjadi bukti sahihnya. 


Sebanyak 37 gelar diraih Alves di level klub. Adapun klub-klub yang dibelanya, yakni Bahia, Sevilla, Barcelona, Juventus, Paris Saint-Germain, Sao Paulo.


Barcelona menjadi klub tersukses yang pernah dibela Alves. Mengingat, sebagian dari jumlah koleksi trofi digondol Alves di klub asal Catalan itu.


Kemudian, Alves juga sukses meraih banyak trofi di dua klub seperti Sevilla dan PSG. Bersama dua klub ini, ia sukses meraih masing-masing enam trofi.


Sementara itu, dua trofi lainnya didapat Alves ketika membela Juventus. Ia sukses membantu Juventus meraih gelar Liga Serie-A Italia dan Coppa Italia.


Sedangkan tiga gelar lainnya berhasil didapat Alves ketika berkarier di Liga Brasil. Satu gelar didapatnya di Sao Paolo, sedangkan dua gelar diraihnya di Bahia.


Tak hanya di level klub. Alves juga berhasil meraih gelar di level negara. Bersama timnas Brasil, ia sudah meraih enam gelar, di antaranya dua gelar Copa America, dua gelar Piala Konfederasi, satu gelar Olimpiade, dan satu gelar Piala Dunia U-20.


Biodata Dani Alves

Nama lengkap: Dani Alves da Silva


Tanggal lahir: 6 Mei 1983


Tempat lahir: Juazeiro, Bahia, Brasil


Tinggi: 1,72 meter


Posisi: Bek kanan


Karier Dani Alves

Klub


Tim muda


1996-1998: Juazeiro


1998-2001: Bahia


Tim senior


2001-2002: Bahia


2002-2008: Sevilla


2008-2016: Barcelona


2016-2017: Juventus


2017-2019: Paris Saint-Germain


2019-2021: Sao Paulo


2021-    : Barcelona


Timnas Brasil


Tim muda


2003: Brasil U-20


Tim senior


2006- : Brasil


2021  : Brasil di Olimpiade


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama