Krisis cedera membuat Benteke berpeluang dipasang Belgia

Krisis cedera pemain yang melanda Belgia membuat Christian Benteke berpeluang mengakhiri penantian selama dua tahun membela negaranya dengan menghadapi Estonia dalam kualifikasi Piala Dunia 2020 di Brussels esok Sabtu.

Penyerang Crystal Palace ini hanya menjadi starter pada tiga pertandingan Belgia dalam lima tahun terakhir meskipun sudah 42 kali dipanggil memperkuat timnas sejak Roberto Martinez menukangi negara ini pada 2016. Dia terus ditempatkan di bangku cadangan selama hampir sepanjang waktu itu.

Tapi dia bisa mendapatkan kesempatan memimpin serangan karena Romelu Lukaku dan Michy Batshuayi yang selalu menjadi pilihan utama absen pekan ini karena cedera.

Pemain berusia 30 tahun itu memperoleh cap pertamanya pada 2010 dan total sudah 42 cap dengan 16 kali mencetak gol untuk Belgia.

Tetapi selama dilatih Martinez, dia hanya bermain 400 menit dan terakhir kali menjadi starter dalam laga internasional dua tahun lalu ketika mencetak dua gol kala menang kandang 6-1 atas Siprus. Dia sudah 29 kali dipasang sebagai pemain pengganti yang tidak dimainkan.

Martinez memang memilih Benteke untuk Eruo 2020 lalu namun dia hanya enam menit bermain dalam pertandingan fase grup melawan Finlandia. Dia bahkan dia dikeluarkan dari skuad untuk putaran final Nations League bulan lalu.

Benteke dipanggil kembali untuk pertandingan kualifikasi Sabtu, yang jika menang Belgia akan lolos ke putaran final Piala Dunia. Dia juga bisa dipasang saat melawan Wales di Cardiff pada Selasa.

Benteke sudah berbicara dari hati ke hati dengan Martinez pada September guna membahas kurang sering dimainkan yang disebut pelatihnya berlangsung baik.

“Saya ingin para pemain tidak bahagia jika mereka tidak bermain,” kata sang pelatih saat itu, seperti dikutip Reuters.

"Saya ingin mereka bersemangat untuk bermain dan itu adalah hal yang selalu ditunjukkan Christian. Karena sikap itulah dia terus dipilih."

Tapi Martinez tidak bisa memastikan memainkan Benteke pekan ini, karena masih ada pemain Liverpool Divock Origi, pemain Club Brugge Charles De Ketelaere dan muka baru Dante Vanzeir yang bermain untuk klub Belgia yang saat ini tengah memuncaki klasemen, Union Saint Gilloise.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama