Kembali ke Barcelona, Xavi Hernandez Punya Banyak PR yang Harus Dibereskan

Legenda Barcelona, Xavi Hernandez, kembali ke Camp Nou setelah klub Qatar, Al Sadd yang ditanganinya bersedia melepasnya. Dia diboyong untuk menggantikan Ronald Koeman yang dipecat bulan lalu.

Kedatangannya diharapkan bisa menjadi solusi di tengah krisis yang dialami tim Catalan itu. Xavi pun menyadari tugasnya kali ini tidaklah mudah. Meski begitu, ia optimistis bisa menghadapinya.

Sabtu pagi, Xavi kembali ke Barcelona sebagai pelatih kepala tim tersebut. Dia dikontrak dua setengah tahun.

"Culers yang terhormat, saya akan kembali ke rumah," Xavi menulis di akun media sosialnya, mengabarkan kepulangannya ke Barcelona.

"Saya kembali ke tempat di mana saya tumbuh dewasa, saya kembali ke klub dalam hidup saya."

"Saya tidak punya kata-kata untuk menggambarkan emosi yang saya rasakan untuk mempertahankan kembali perisai yang terpatri di hati saya, merasakan kembali Camp Nou bergetar dan mendengar lagi sorak-sorai penyemangat dari para penggemar habat."

"Saya tahu bahwa saya tiba di saat yang sulit, tetapi saya menghadapi tantangan ini dengan antusias sangat besar. Saya akan bekerja dan berjuang bersama Anda semua untuk mencapai tempat yang layak kami raih bersama."

"Terima kasih Barcelona telah mempercayai saya, serta kepada semua penggemar yang percaya bahwa saya harus mengambil peran penting ini."

Xavi akan mulai debutnya sebagai pelatih Barcelona setelah jeda internasional, yaitu laga kandang Liga Spanyol melawan Espanyol pada Senin dinihari WIB, 21 November mendatang. Dia mempunyai waktu kurang dari dua pekan untuk mempersiapkan timnya menghadapi laga tersebut.

Sergi Barjuan yang menggantikan peran Koeman untuk sementara, telah berusaha melakukan yang terbaik. Dia memimpin Blaugrana menang 1-0 atas tuan rumah Dynamo Kyiv di Liga Champions untuk menjaga peluang lolos babak penyisihan Grup E.

Hasil itu membuat mereka berada di urutan kedua klasemen grup dengan enam poin, selisih enam poin dari Bayern Munchen dan unggul dua poin dari Benfica di bawahnya. Sementara, Dynamo Kiyv di posisi juru kunci dengan satu poin.

Namun, di Liga Spanyol, Barcelona mencatat empat pertandingan terakhir tanpa kemenangan. Bahkan, hasil imbang 3-3 di Celta Vigo harus mendapatkan perhatian besar. Sebab, mereka gagal meraih kemenangan, padahal sudah unggul 3-0 di babak pertama.

Ada banyak tanda tanya setelah Barcelona bermain imbang 3-3 di Celta Vigo.

Dari hasil pertandingan itu, terungkap bahwa masalah yang dihadapi para pemain Barcelona lebih dari sekedar sepak bola. Bahkan, ada kabar Philippe Coutinho menolak turun dari bangku cadangan menggantikan Ansu Fati yang cedera.

Soal penolakan itu, Sergi tak mau memberikan jawaban sehingga justru menimbulkan lebih banyak pertanyaan.

Seusai pertandingan, Frenkie de Jong berbicara tentang kurangnya karakter di ruang ganti tim. Hal itu menunjukkan bahwa dia merasa frustasi dengan situasi di timnya.

"Saya pikir kami lupa bermain sepak bola di babak kedua. Kami terjebak," kata gelandang Belanda itu.

"Kami para pemain harus berbuat lebih banyak. Ini adalah pertandingan penting, jadi gagal menang itu merupakan pukulan besar bagi kami."


"Kami masih bisa bertarung di LaLiga karena kami punya kualitas lebih, tepi kami sudah kehilangan banyak poin. Kami harus terus maju."

Barcelona saat ini berada di urutan ke-9 dengan 17 poin dari 12 pertandingan yang sudah dimainkan. Mereka mempunyai selisih 11 poin dari pemuncak klasemen, Real Sociedad yang menggusur Real Madrid dengan keunggulan satu poin.

Xavi Henandez punya sejumlah pekerjaan rumah yang harus diselesaikan.

Dalam situasi saat ini, sejumlah pekerjaan rumah harus segera diselesaikan oleh Xavi demi menyelamatkan Barcelona. Berikut masalah yang dihadapi tim Catalan tersebut.

Moral pemain

Sergi selalu berbicara mengenai bagaimana para pemain lebih baik daripada hasil yang mereka dapat musim ini. Hal itu jelas menunjukkan bahwa moral di ruang ganti sedang rendah.

Masalah di lini pertahanan

Barcelona mempunyai masalah dalam pertahanan sepanjang musim ini. Eric Garcia yang bergabung dari Manchester City pada musim panas, salah satu pemain yang mengalami kesulitan.

Marc-Andre ter Stegen juga layak mendapatkan perhatian khusus. Dia berubah dari salah satu penjaga gawang terbaik di LaLiga menjadi titik kelemahan di tim dan performanya buruk.

Cedera

Barcelona tidak beruntung dengan banyaknya pemain yang mengalami cedera. Saat ini, ada 11 pemainnya yang harus menjalani perawatan. Terbaru, Ansu Fati, Eric Garcia, dan Nico Gonzalez, cedera dalam pertandingan terakhir di Celta Vigo.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama